50 Koperasi Mendapatkan Predikat Berprestasi

50 Koperasi Mendapatkan Predikat Berprestasi

Rabu, 19 Desember 2018, Desember 19, 2018

Kuningan (SATU) - Sejumlah Koperasi di Kabupaten Kuningan menerima Sertifikat Penilaian Klasifikasi dan Pemeringkatan Koperasi tahun 2018. 50 dari total 450 Koperasi yang terdaftar mendapat predikat berprestasi dari Dinas Koperasi dan UKM.

Acara penyerahan sertifikat tersebut digelar di Wisma Permata Kuningan, Selasa (18/12/2018) dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Kuningan, Ir. Bunbun Budhiyasa dan perwakilan dari masing-masing koperasi yang menerima predikat berprestasi.

Kepada media, Ir. Bunbun Budhiyasa mengatakan, bahwa pada tahun ini di Kabupaten Kuningan tidak ada Koperasi yang naik ataupun turun peringkat, misalnya dari kelas B menjadi A atau sebaliknya. 

"Tahun ini tidak ada koperasi yang naik ataupun turun kelas," katanya.

Turunnya kelas suatu koperasi, lanjut Bunbun, karena tidak terpenuhinya unsur-unsur penilaian, diantaranya koperasi-koperasi di Kabupaten Kuningan aggotanya yang dari watu ke waktu berkurang, sehingga mengurangi kaidah-kaidah pengelolaan koperasi yang sehat. 

"Jadi bukan karena koperasinya yang buruk ataupun tidak sehat, tapi jumlah anggotanya yang dari waktu ke waktu terus mengalami penurunan, sampai ada koperasi yang terpaksa berhenti karena tidak lagi memiliki anggota, mereka berhenti karena ada yang fokus usaha dan lain sebabainya," paparnya.

50 Koperasi yang mendapat predikat berprestasi tahun ini ditetapkan atas dasar pengukuran dari waktu ke waktu tentang sejauh mana kemampuannya dalam mengelola manajemen koperasi.

Kedepan Bunbun mengharapkan agar koperasi-koperasi di Kabupaten Kuningan ini mampu untuk terus maju dan dapat merekrut serta meningkatkan jumlah anggota sebanyak-banyaknya, karena semakin banyak anggota maka koperasi akan semakin kuat.

"Kalau anggotanya banyak dan konstan tentunya akan semakin kuat koperasi tersebut," pungkasnya.

.imam

TerPopuler