800 Miliar Dana Desa Mengalir ke Kuningan Dalam Kurun Waktu 4 Tahun

800 Miliar Dana Desa Mengalir ke Kuningan Dalam Kurun Waktu 4 Tahun

Senin, 17 Desember 2018, Desember 17, 2018


Kuningan (SATU) - Dari tahun ke tahun pemerintah pusat telah mengucurkan Dana Desa dengan nilai yang cukup fantastis guna mendukung program pembangunan di tingkat desa.Di Kabupaten Kuningan sendiri, sebanyak 800 miliar rupiah telah tersalur ke desa-desa dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini dan jumlahnya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Untuk tahun anggaran 2018, sebanyak 361 Des di Kabupaten Kuningan menerima kucuran Dana Desa dengan total alokasi anggaran sebanyak 287 miliar rupiah.
Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH dalam acara Talk Show dengan tema Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa di statsiun televisi TVRI Bandung, Senin sore (17/12/2018).

“Kami bersyukur atas kebijakan aplikasi Undang – Undang Desa, karena  di setiap desa di kabupaten/kota di Indonesia termasuk Kabupaten Kuningan  mendapat kucuran  Dana Desa,” papar Acep Purnama.

Dalam acara talkshow tersebut, hadir juga Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat sebagai narasumber.

Dana Desa yang diterima, sambung Acep, sebagian besar digunakan untuk membangun sarana dan prasrana yang ada di Desa, sehingga dapat terlihat hasilnya bahwa 90 persen sarana dan prasarana desa yang ada di Kabupaten Kuningan ini ada dalam kondisi yang cukup baik.

“Saya selalu memberikan dorongan kepada aparat desa agar tidak takut menggunakan ADD dan DD selama mengacu pada prinsip transparansi, akuntabilitas, asas kepatutan, kewajaran, hindari mark up, memenuhi unsur partisipastif dengan menggunakan potensi di desa itu sendiri,” imbuhnya. 

Diterangkan, bahwa penyerapan Dana Desa bukan hanya  untuk infrastruktur, melainkan juga untuk pelayanan sosial dasar masyarakat. Seperti pelayanan kesehaan, pendidikan serta pelayanan lainnya.

Acep juga mengungkapkan bahwa pihak Pemerintah Daerah selalu melakukan pembinaan dan pengawasan secara berkala dengan menugaskan pihak Kecamatan saat awal penyerapan anggaran dan pihak Inspektorat untuk pemeriksaan secara reguler.

Atas partisipasi yang luar biasa, Acep juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh aparat desa maupun masyarakat yang telah terlibat  secara aktif dalam pembangunan di desa, sehingga berdampak pada perubahan yang lebih baik terutama dalam mendukung visi Kabupaten Kuningan lima tahun mendatang yakni "Kuningan MAJU (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa".


.imam

TerPopuler