Anggota Ormas, LSM, dan OKP Dilatih Bela Negara

Anggota Ormas, LSM, dan OKP Dilatih Bela Negara

Selasa, 18 Desember 2018, Desember 18, 2018
Kuningan (SATU) - Bela negara adalah tekad, sikap atau tindakan dari warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berkelanjutan yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air, demikian dikatakan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH saat membuka acara Pelatihan Peningkatan Kesadaran Bela Negara bagi anggota Ormas, LSM, dan OKP, di Hotel Prima Resort Desa Panawuan, Kecamatan Cigandamekar, Selasa (18/12/2018).
Dalam kegiatan tersebut tampak puluhan anggota Ormas, LSM, maupun OKP yang ada di Kabupaten Kuningan ini megikuti rangkaian kegiatan baik berupa pembekalan materi maupun latihan fisik guna menunjang kesiapan bela negara.
Kesadaran berbangsa dan bernegara serta kecintaan terhadap pancasila sebagai ideologi negara dan kerelaan untuk berkorban guna menangkal setiap ancaman yang membahayakan kedaulatan negara serta persatuan dan kesatuan bangsa merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia.
Kesadaran bela negara menjadi salah satu penunaian hak dan kewajiban warga negara dalam rangka penyelenggaraan pertahanan keamanan negara.

"Kegiatan ini menitikberatkan kepada lima nilai dasar, yakni cinta tanah air, rela berkorban, sadar berbangsa dan bernegara, meyakini pancasila sebagai ideologi negara serta memiliki kemampuan awal dalam bela negara baik fisik maupun non fisik," kata Acep.


Menurutnya, upaya nyata untuk menumbuhlan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan seperti ini perlu terus dikembangkan dalam berbagai lingkungan, termasuk ormas, organisasi kepemudaan serta LSM.

.angga

TerPopuler