Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok di Kuningan Relatif Stabil

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok di Kuningan Relatif Stabil

Senin, 17 Desember 2018, Desember 17, 2018

Kuningan (SATU) - Menghadapi Natal serta pergantian tahun 2018, Senin (17/12/2018), tim Satgas Pangan meggelar sidak ke pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Kuningan. Tim yang juga terdiri dari Wakil Bupati Kuningan, Wakapolres, beserta petugas dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuningan ini tampak melakukan sidak di beberapa lokasi pasar, seperti pasar baru.

Sidak yang dilakukan guna mejaga kestabilan harga kebutuhan pokok menjelang dua perayaan besar di penghujung tahun ini. Terpantau beberapa harga kebutuhan pokok, seperti beras, telur, minyak goreng, daging dan sayuran tidak mengalami kenaikan harga yang  begitu signifikan.

Dari pantauan di lokasi, untuk daging sapi mengalami kenaikan sebesar 5 ribu rupiah per kilonya dari semula 110 ribu rupiah per kg menjadi 115 ribu rupiah.

Salah seorang pedagang mengungkapkan bahwa kenaikan harga pada daging sapi dikarenakan kebutuhan akan daging sapi yang meningkat akibat banyaknya masyarakat yang menggelar hajatan, terlebih di bulan Maulid ini juga banyak perayaan Maulid Nabi yang membutuhkan pasokan daging.

Untuk sayuran sendiri harganya masih relatif stabil meskipun untuk mendapatkannya masih mengandalkan pasokan dari luar daerah. Kendati demikian, para pedagang sayuran menyatakan tidak mengalami kesulitan untuk memperolehnya, begitu pula stok bahan-bahan pokok lainnya terjamin hingga pelaksanaan libur panjang menjelang hari raya natal dan tahun baru.

Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda, mengatakan, sidak kali in bertujuan untuk memantau harga bahan pokok dan kebutuhan rumah tangga menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru.

“Saya berpesan agar bisa menjaga kenyamanan lingkungan pasar dengan menjaga kebersihan. sehingga para pembeli yang berkunjung akan puas saat melakukan transaksi disini,” ujar Wabup yang akrab disapa Edo ini.

Sementara itu, Wakapolres Kuningan, Kompol Agus Syaifudin, sangat mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan sidak seperti saat ini.

“Kepolisian siap bekerjasama untuk mengamankan jalur-jalur distribusi bahan pokok dan kebutuhan rumah tangga menuju pasar-pasar, “ tandasnya.

.imam

TerPopuler