Kuningan Miliki Bus Wisata Klasik

Kuningan Miliki Bus Wisata Klasik

Sabtu, 22 Desember 2018, Desember 22, 2018

Kuningan (SATU) - Untuk membangun potensi pariwisata Jabar agar lebih juara, Pemprov Jabar menghadirkan bus wisata perkotaan di semua Kota / Kabupaten se-Jawa Barat.

Sebagai tahap awal, Sabtu, (22/12/201Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Bank BJB meluncurkan Bus Wisata Perkotaan kepada 13 Kabupaten/Kota yang mempunyai potensi dan keragaman wisata. Secara simbolis akan dihadirkan tiga purwarupa bus. 

Pada periode pertama, 13 Kabupaten/Kota yang akan menerima bantuan Bus Wisata Perkotaan ini adalah Kota Cimahi, Kabupten Sumedang, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh wargi Jabar. Hatur nuhun. Yg lain harap menunggu

Kuningan (SATU) - Gubernur Jabar Ridwan Kamil sangat serius memberi sentuhan magis untuk memoles potensi wisata di 27 kota/kabupaten di Jabar. Berbagai program telah dia siapkan dan salah satunya menghadirkan bus wisata untuk semua daerah. 


Program bus wisata merupakan duplikasi dari bus wisata di Kota Bandung yang dikenal dengan nama Bandros (Bandung Tour on Bus). Program tersebut merupakan salah satu program yang diluncurkan Ridwan Kamil saat menjabat sebagai Wali Kota Bandung. 

Karena dinilai sukses, akhirnya bus wisata ini dia tularkan ke semua daerah untuk menambah daya tarik pariwisata.


"Hari ini kita akhiri program 100 hari (dengan) memperlihatkan visi pariwisata. Provinsi hibahkan bus wisata untuk 13 daerah, dengan nama terserah masing-masing (daerah). Kalau tadi Sakoci (Saba Kota Cimahi), intinya inspirasinya dari Bandros Bandung waktu saya wali kota," ucap Emil sapaan Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Kota Bandung.


Untuk dananya sendiri, Emil mengatakan, pada tahap pertama ini merupakan CSR dari Bank BJB. Untuk tahun depan pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk hibah bus wisata kepada daerah-daerah lain. 

"Tahun depan kita tambahan dari anggaran kita dan kita imbau daerah juga menyiapkan anggaran. Sehingga nanti akhir 5 tahun wisata alam, wisata kota bisa perfect dengan manajemen segala inovasinya termasuk bus wisata," katanya.

Sementara itu, Kepala Dishub Jabar Dedi Taufik menambahkan selain bus wisata perkotaan ada bantuan lain untuk semua daerah. Pertama bantuan Bus Rapid Transit dan Bus Sekolah. 

"BRT kita dapat dari Kemenhub 50, di Kota Bekasi, Kita Bandung, Sukabumi, Kota dan Kabupaten Cirebon dan Indramayu dalam rangka layani transportasi masal. Ada bus sekolah 17, di beberapa daerah dalam rangka pelayanan transportasi Jabar. Sekarang bus wisata di 13 kabupaten/kota," ucapnya.

.imam

TerPopuler