Ribuan e-KTP Invalid Dimusnahkan

Ribuan e-KTP Invalid Dimusnahkan

Senin, 17 Desember 2018, Desember 17, 2018
Foto : Radar Cirebon / Fik

Kuningan (SATU) - Kasus tercecernya ribuan e-KTP di jalan beberapa waktu lalu membuat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di berbagai daerah di seluruh penjuru Indonesia memusnahkan e-KTP invalid. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Di Kabupaten Kuningan sendiri, 3.432 keping e-KTP invalid atau tidak berlaku dan rusak dimusnahkan dengan cara dibakar. Pemusnahan ribuan e-KTP tersebut dilakukan di halaman kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan, Sabtu (15/12/2018).

Pemusnahan e-KTP tersebut menurut Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kuningan, M Thofa berdasarkan arahan Kemendagri dan surat edaran (SE) untuk seluruh bupati/wali kota nomor 470.13/11176/SJ tanggal 13 Desember 2018 tentang penatausahaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) rusak atau invalid.

“Pemusnahan e-KTP ini dilaksanakan serentak di seluruh kantor Disdukcapil seluruh Indonesia. Di Kuningan ada jumlah e-KTP yang dimusnahkan sebanyak 3.432 keping yang terkumpul sejak tahun 2012 lalu,” kata M Thofa.

Diterangkan, bahwa ribuan keping e-KTP yang dimusnahkan tersebut kondisinya sudah tidak berlaku karena perubahan elemen data, perubahan status, pindah domisili dan lainnya yang sebelumnya juga sudah diamankan dengan cara digunting.

"Meskipun sebelumnya sudah diamankan dengan cara digunting, atas arahan Mendagri ribuan e-KTP invalid tersebut harus dimusnahkan dengan cara dibakar. Mungkin untuk menghindari kejadian ribuan e-KTP yang tercecer di jalan seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu," katanya.

Lebih lanjut Thofa mengatakan, bahwa pemusnahan e-KTP invalid tersebut akan dilakukan setiap hari agar tidak terjadi penumpukan di kantor Disdukcapil dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Setiap harinya ada saja warga yang datang untuk memperbaharui e-KTP dengan berbagai alasan, makanya pemusnahan e-KTP lama akan dilakukan setiap hari juga,” pungkasnya.

.imam

TerPopuler