GMBI Distrik Kabupaten Kuningan Ikuti Aksi Moral di Kejati Jabar

GMBI Distrik Kabupaten Kuningan Ikuti Aksi Moral di Kejati Jabar

Kamis, 24 Januari 2019, Januari 24, 2019

Kuningan (SATU) - Sekitar 500 anggota LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Jl. R.E. Martadinata No 54 Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/01/2019).

Dalam aksi tersebut, GMBI menuntut Kajati agar dapat menuntaskan kasus korupsi di Jabar bahkan menuding pihak Kejati Jabar tebang pilih.
Pimpinan GMBI Achmad Fauzan Rahman dan Koordinator Lapangan Abah Mansyur Ketua LSM GMBI Distrik Kota Bandung berorasi secara bergantian.

Menurut Fauzan Kejati Jabar sejauh ini tidak berani mengumumkan bahwa kasus BCCF tidak ada masalah. Tidak hanya itu, GMBI pun mendesak kejelasan tentang berbagai kasus korupsi yang tengah ditangani Kejaksaan Tinggi Jabar seperti Mesin Parkir Kota Bandung dana hibah Kab Tasikmalaya yang menyeret UU Ruhzanul Ulum yang saat itu menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya yang mana kasusnya sudah menyeret perangkat di bawahnya.
Dalam persidangan nama UU sudah disebut, dan terdakwa sudah menceritakan perannya dalam kasus tersebut sehingga seharusnya pihak kejati segera meresponnya.
Berikut ini 3 Tununtan GMBI ke Kejati :


  1. Menuntut Kejati Jabar agar segera menangkap Uu Mantan Bupati Kabupaten Tasikmalaya yang sekarang menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat, terkait dugaan kasus Dana Reklamasi Pasir Besi dan Perjalanan Dinas Bupati.
  2. Meminta agar Kejati Jawa Barat segera membuktikan dan publikasikan YA atau TIDAK tentang dugaan Korupsi yang menyangkut Ridwan Kamil tentang proyek BCCF.
  3. Meminta Kejati Jawa Barat mengekpose/menjelaskan sudah sejauh manakah pemeriksaan tentang kasus dugaan korupsi dalam pengadaan mesin parkir dikota Bandung.
Para pendemo berharap adanya netralitas dari Kejati dalam menjalankan supremasi hukum di Wilayah Jawa Barat.

"Jangan tebang pilih apalagi pilih kasih, kedepankan keterbukaan informasi publik, agar masyarakat tidak bertanya-tanya terkait kasus-kasus korupsi para pejabat Jawa Barat,” teriak para pendemo.

Sementara itu Ketua GMBI Distrik Kabupaten Kuningan Iwan Mulyawan, SE mengatakan bahwa dalam aksi ini pihaknya sebagai bagian dari GMBI secara Nasional mendukung terhadap penegakan supremasi hukum yang saat ini jadi tuntutan lembaganya kepada Kajati Jabar.

"Kami mendukung terhadap penegakan supremasi hukum yang ada, karena ini juga akan berpengaruh terhadap penegakan supremasi hukum di daerah," tandasnya.

.imam

TerPopuler