Pasca Bencana Alam Selajambe, Seperti Ini Kerugiannya

Pasca Bencana Alam Selajambe, Seperti Ini Kerugiannya

Selasa, 08 Januari 2019, Januari 08, 2019

Kuningan (SATU)  - Bencana alam yang melanda dua Desa di Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan pada Minggu kemarin (6/1/2019).  Rupanya,  masyarakat setempat cukup banyak mengalami kerugian atas hal tersebut. 

Sesuai data dari BPBD kabupaten Kuningan, kerugian atas insiden banjir bandang dan longsor di Desa Padahurip Dusun Tajur diantaranya :
  1. 2 unit KR2,
  2. Jalan Lingkungan sepanjang 150 m Rusak Berat,
  3. 3 unit rumah terdampak limbasan lumpur,
  4. Saluran air bersih untuk masyarakat RT.12 RT.13 dan RT.14,
  5. TPT rumah dengan ukuran Tinggi 2 panjang 2
  6. 1 unit rumah,
  7. 28 unit rumah, 30 KK, 90 jiwa terancam longsor

Sedangkan,  kerugian di Desa Jamaberama yang dilanda longsor diantaranya yakni :
  1. 1 titik jalan terserat longsor panjang 20 m,
  2. 1 titik tertimbun longsoran panjang 25m tebal longsoran 3m
  3. 2 rumah milik abdul somad dan absor

Keesokan harinya Senin,  (7/1/2019) BAZNas Tanggap Bencana (BTB) Kabupaten Kuningan mengerahkan relawannya ke lokasi tersebut untuk membantu BPBD Kuningan dan warga sekitar yang terlibat.


Komandan BTB Kuningan Mohammad Entus mengatakan,  kurang lebih sebanyak delapan orang relawan dikerahkan ke lokasi tersebut.  Selain itu,  pihaknya juga mendirikan dapur air untuk para relawan dan  warga yang terlibat. 

"Dapur air itu, hanya sebagai pemicu motivasi saja.  Karena dalam mengevakuasi tempat pasti banyak yang kelelahan.  oleh karena itu,  kita sediakan dapur air,  takutnya banyak yang ingin istirahat sambil ngopi atau minum teh, " ujarnya. 

Pantauan awak media saat dilokasi tersebut,  nampak warga sekitar saling bergotong royong satu sama lain dalam mengevakuasi tempat kejadian.  Selain itu,  banyak pula diantaranya yang hadir ikut membantu selain BPBD dan BTB,  yakni salah satunya dari anggota TNI.

.imam

TerPopuler