Komunitas Mandara Wulung Gelar Workshop Karinding Peduli Tumor Ganas

Komunitas Mandara Wulung Gelar Workshop Karinding Peduli Tumor Ganas

Jumat, 01 Februari 2019, Februari 01, 2019

Kuningan (SATU) – Derasnya arus globalisasi membawa dampak modernisasi yang kemudian menggeser budaya asali yang kerap dianggap sebagai tradisional dan kuno. Salah satu imbasnya adalah perilaku generasi muda masa kini.
Kalangan ini, terutama yang tinggal di wilayah metropolitan, cenderung menggandrungi gaya hidup modern dan kerap agak abai dengan kekayaan tradisi nusantara warisan masa lalu.

Namun, tidak semua generasi muda abai terhadap tradisi.  Sekelompok pemuda yang tergabung dalam komunitas Karinding Mandara Wulung (KMW) Kuningan, bersama pemuda Karangtaruna Kuningan menunjukkan kepeduliannya terhadap seni budaya lokal khas nusantara.

Sabtu (02/02/2019) bertempat di Gedung Serba Guna Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan, komunitas pemuda ini menggelar acara workshop Karinding bertemakan ''Ngegambar Bareng Lapak Baca tur Peduli Bapak Salam".

Acara ini bertujuan untuk menggali dan memperkenalkan kembali alat musik khas nusantara yang semakin punah dan sekaligus menggalang dana untuk pengidap Tumor Ganas.

Karinding merupakan salah satu alat musik tiup tradisional yang berasal dari Sunda. Nanang salah satu pengurus Komunitas Mandara Wulung mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan untuk mengenal kembali alat musik tradisional yang telah lama hilang.

"Sebenarnya alat musik ini dulu adalah mainan anak–anak, dan kemudian  berkembang menjadi pengiring musik yang telah hilang hampir 2 generasi,” ujar Nanang.

Komunitas ini juga, lanjut Nanang, mengajak kepada masyarakat setempat agar bersama sama menggalang dana atau berpartisipasi untuk Bapak Salam warga Desa Kalimati Kecamatan Japara yang telah lama mengidap Kanker Tumor Ganas dilehernya, sebagai bentuk sosial. 

“Harapannya, masyarakat bisa tahu sejarah budaya kita bahwa kita memiliki sesuatu yang khas, di mana negara lain belum tentu memilikinya. Kita patut berbangga dengan identitas nusantara kita," tandas Nanang.

.angga

TerPopuler