Masih Ada Rumah Tidak Layak Huni, Fri : Yang Susah Jangan Tambah Dipersusah

Masih Ada Rumah Tidak Layak Huni, Fri : Yang Susah Jangan Tambah Dipersusah

Senin, 15 April 2019, April 15, 2019

Kuningan (SATU) - Program Rumah Tidak Layak Huni ( RUTILAHU ) yang digelontorkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan rupanya belum di rasakan oleh Yana dan Jumsih, pasangan suami istri warga Dusun Pahing RT.  001 RW. 001 Desa Cipancur Kecamatan Kalimanggis Kuningan. 

Kondisi rumah milik mereka yang sangat memprihatinkan ini nyatanya belum pernah sama sekali tersentuh program ( RUTILAHU ) baik dari pihak Pemdes maupun Pemerintah Daerah.

Rumah yang terletak di tepi sawah yang dindingnya terbuat dari bilik ini meski nyatanya sudah tidak layak huni, namun tetap jadi satu-satunya tempat bagi keluarga ini untuk berteduh pasangan suami istri ini beserta 7 orang anaknya. 

"Yang tinggal di sini semuanya ada 9 orang, saya istri saya dan 7 orang anak saya, " kata Yana kepada kuningansatu.com, Senin (15/4/2019).

Rumah yang terletak di pinggir sawah ini pun menjadikan sebuah kekhawatiran tersendiri bagi mereka, pasalnya sering sekali ada hewan seperti ular yang masuk ke rumah terlebih disaat musim hujan tiba seperti saat ini.

"Kalau hujan banyak yang bocor, terlebih sering juga banyak ular masuk ke rumah kalau lagi musim hujan seperti sekarang," keluh Jumsih. 

Slama 7 tahun menempati rumah tersebut belum pernah ada bantuan khususnya dari dengan alasan karena rumah tersebut dibangun di atas tanah milik Pemerintah Desa setempat. 

Fri Maladi selaku Ketua LSM KAMPAK yang prihatin dengan keadaan tersebut dan langsung meninjau lokasi rumah milik keluarga ini sangat menyayangkan jika memang masyarakat Kabupaten Kuningan seperti Yana dan Jumsih ini tidak mendapat perhatian dari Pemerintah. 

"Ya dia kan manusia yang hidupnya dalam kedaan susah, kenapa para pemegang kebijakan tidak mau bantu keluarga yang dalam keadaan susah seperti ini, apa mereka nunggu di dulu mati di patuk ular baru dibantu," kata Fri kesal. 

"Sudah berapa ratus milyar dana untuk orang miskin, dana rutilahu dan dana-dana lainnya dikucurkan oleh pemerintah, tapi masih saja ada hal semacam ini," imbuhnya.

Fri berharap, agar pemerintah segera bertindak dan tanpa fikir panjang bilamana ada hal semacam ini, karena menurutnya hal tersebut sudah merupakan kewajiban mereka sebagai pelayan masyarakat. 

"Tidak ada alasan untuk membantu masyarakat yang kesusahan karena ini urusan kemanusiaan, jangan sampai yang susah semakin dipersusah," tegasnya.

.imam

TerPopuler