Posisi Ketua DPC PDI P Kuningan Diperebutkan

Posisi Ketua DPC PDI P Kuningan Diperebutkan

Jumat, 28 Juni 2019, Juni 28, 2019

Kuningan (SATU) - Sejumlah kader partai politik PDIP Kuningan, mulai menyertakan nama dalam agenda penjaringan, yang dilakukan melalui rapat pimpinan anak cabang yang sudah dan sedang dilaksanakan.

"Kegiatan ini merupakan sistim demokrasi partai dalam menentukan siapa sosok yang pantas dan mumpuni,  dalam menjabat sebagai ketua partai periode lima tahun kedepan," ungkap sekretatis DPC PDIP Kuningan, Tresnadi saat ditemui di sela acara partainya, Jln Cirendang,  Kuningan. Jum'at, (28/06/2019).

Tresnadi yang juga salah satu anggota Fraksi PDIP DPRD Kuningan ini menerangkan, mekanisme ini merupakan agenda partai dalam menguatkan nilai militansi sebagai kader partai. Terlebih dalam kegiatan ini,  berjalan secara marathon yang dilangsungkan diberbeda tempat.

"Kita kemarin usai melakasanakan musyawarah kader partai di tingkat PAC di dapil dua.  Kini semua pengurus PAC dapil lima,  juga melakukan hal sama," jelas Tresnadi seraya menambahkan bahwa dalam agenda selanjutnya, akan dilangsungkan oleh seluruh kader tingkat PAC sedapil tiga, empat dan dapil satu.

"Lokasi untuk melangsungkan kegiatan muswayarah partai tingkat PAC dapil tiga, besok tempatnya di Kecamatan Ciawigebang. Disusul dapil empat, tempatnya di Kecamatan Luragung dan kembali berlangsung di aula sekretariat  DPC PDIP untuk seluruh PAC dapil satu," imbuh dia. 

Menyinggung soal nama kader yang pantas menjadi ketua partai mendatang, Tresnadi mengatakan,  dalam kegiatan musyawarah ini,  tentu sikap kader tingkat anak cabang itu harus bisa memutuskan nama-namanya.

"Jadi begini,  dalam setiap rapat seperti ini. Kader atau PAC itu, bisa mengusulkan calon nama ketua partai memdatang," terang Tresnadi, seraya merincikan mekanisme partai berlambangkan kepala banteng ini.  "Artinya, jika melihat dari jumlah PAC dan minimal tiga nama yang di usulkan nanti, itu akan lebih dari 90 nama kader. Sekarang jumlah PAC PDIP ada 32 dikalikan tiga nama kader calon ketua dari pengurus PAC  dan ditambah 20 nama kader dari DPC PDIP," tandas dia. 

Selanjutnya, kata Tresnadi, usai dilakukan musyawarah penjaringan calon Ketua DPC PDIP peridoe 2019-2024 mendatang.  Ini akan menjadi bahan kajian dan selektifitas pengurus partai ditingkat pusat. Pasalnya, keputusan Dewan Pimpinan Pusat PDIP itu sangat mutlak dan tidak bisa menjadi sanggahan bagi siapapun kadernya. 

"Kalau sudah melakukan penjaringan seperti ini. Hasilnya akan dikirim ke DPP untuk menentukan siapa,  yang pantas menjadi Ketua DPC PDIP mendatang. Misal, dari ketiga nama A, B dan C hasil penjaringan. Itu tidak menjadi jaminan untuk menjabat Ketua. Jadi, keputusan DPP, ketika menjadikan dari selain tiga nama diatas,  itu bisa terjadi dan sangat sakral dalam menjalani roda organisasi partai kedepan," ucap dia. 

Dalam waktu dekat, lanjut Ketua Komisi III DPRD Kuningan ini mengatakan,  PDIP akan melakukan rapat daerah secara serempak sesuai jadwal panitia dari DPD PDIP Jawa Barat. 

"Konferda itu terbagi beberapa zona. Kebetulan untuk DPC PDIP Kuningan itu ada di zona tiga dan akan melakukan konferda di kabupaten pangandaran beberapa hari mendatang," jelas dia. 

Teramati sebelumnya,  seluruh kader dalam acara musyawarah tingkat anak cabang bersama pengurus DPC PDIP Kuningan, melamgsungkan deklarasi dan dukungan terhadap Hj. Megawati Soekarno Putri, untuk menjabat sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode mendatang.

"Betul,  kita tadi deklarasi untuk berharap jabatan Ketua DPP PDI Perjuangan pusat itu, kembali di pegang Ibu Megawati lagi.  Sebab, pucuk pimpinan itu menentukan kestabilan dan perkembangan partai kedepan," tetang dia.

.ahmad

TerPopuler