Soal Anak Terlantar, Ini Langkah Dinsos PP PA

Soal Anak Terlantar, Ini Langkah Dinsos PP PA

Jumat, 14 Juni 2019, Juni 14, 2019
Ilustrasi

Kuningan (SATU) - 
Perlindungan terhadap anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan, diskriminasi, perlakuan salah, eksploitasi maupun tindakan penelantaran. 

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Dinas Sosial PP dan PA Kabupaten Kuningan telah nengalokasikan anggaran untuk penanganan anak melalui peningkatan usaha ekonomi produktif yang ditujukan kepada orang tua atau wali anak, dengan maksud jangan sampai anak tersebut terlantar dan atau diterlantarkan.


Bertempat di Gedung Wanita Jl. Soekarno – Hatta Kuningan, Kamis (13/06/2019) sebanyak 14 (empat belas) keluarga tidak mampu yang memiliki anak atau menjadi wali dari anak yang perlu dibantu, mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Sosial PP dan PA Kabupaten Kuningan berupa ternak domba


PLT Kadis Sosial PP dan PA Kabupaten Kuningan melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Endi Susilawandi, AKS, M.Si nengatakan, pemerintah mempunyai kewajiban untuk melindungi anak agar mereka tidak menjadi korban tindakan semena-mena dari siapa saja. 

"Perlindungan terhadap anak sangat dibutuhkan agar anak tidak menjadi terlantar, baik dari kebutuhan dasar, dalam hal pendidikan maupun pemenuhan hak-hak lainnya," ujarnya.

Selain pemberian bantuan stimulan berupa ternak domba, 14 keluraga penerima bantuan juga mengikuti bimtek berkaitan dengan hal tersebut dengan tujuan dapat mengembangkan bantuan yang diterima guna keberlangsungan kehidupannya ke depan.

“Meskipun tidak besar tapi diharapkan bisa menjdi modal kedepannya,” harapnya.

.imam

TerPopuler