Suwati Sudah Dibantu Pemerintah Sejak Tahun 2011

Suwati Sudah Dibantu Pemerintah Sejak Tahun 2011

Selasa, 18 Juni 2019, Juni 18, 2019

Kuningan (SATU) - Pemberitaan tentang seorang nenek bernama Suwati (72) yang hidup dalam kemiskinan dan diduga tidak mendapat perhatian, ditanggapi oleh pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan.

Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH melalui Kabag Humas DR Wahyu Hidayah M Si menuturkan bahwa selama ini Pemerintah tidak tutup mata dengan keadaan keluarga Suwati, karena sejak tahun 2011 baik Pemerintah Desa maupun Pemerintah Daerah sudah mengucurkan berbagai bantuan kepada Suwati dan keluarganya.

Tahun 2011, Pemerintah Desa Sindangjawa memberikan bantuan berupa tempat tinggal di Heuleur karena kondisi saat itu Suwati dan keluarganya tidak memiliki tempat tinggal.

Selain itu di tahun 2015, Suwati kembali dibantu Pemerintahan Desa bekerjasama dengan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan membangunkan sebuah rumah sederhana di atas Tanah Desa yang berukuran 6 x 6 meter termasuk untuk penerangan berupa berupa pemasangan listrik.

Setiap bulan pun Suwati beserta keluarganya selalu mendapatkan bantuan dari Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan setiap tahunnya termasuk ke dalam salah satu penerima bantuan beras yang bersumber dari Zakat Fitrah.

Seperti ramai diberitakan sebelumnya di beberapa media bahwa Suwati merupakan lansia yang saat ini hidup bersama dengan 5 orang cucunya yang bertahan hidup hanya dengan mengandalkan belas kasihan tetangganya yang setiap hari memberikan makanan secara bergantian.

Lebih lanjut, Wahyu menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Kecamatan Cibingbin dan Desa Sindang Jawa selama ini tidak tinggal diam apalagi tutup mata, banyak sekali bantuan yang telah dikucurkan untuk masyarakat prasejahtera khususnya keluarga Suwati melalui program-program yang ada.

"Kami hanya meluruskan terkait maraknya pemberitaan yang ada bahwa Pemerintah cuek terhadap keadaan Suwati," kata Wahyu.

Wahyu juga percaya bahwa jiwa sosial masyarakat Kabupaten Kuningan masih sangat tinggi dan tidak akan tinggal diam jika menemukan masyarakat di sekitarnya mengalami kondisi seperti Suwati.

Atas nama Pemerintah Daerah, Wahyu pun menyampaikan rasa terima kasih kepada masayarakat yang telah peduli kepada lingkungan sekitar yang membutuhkan, karena itu merupakan tanggung jawab bersama selaku makhluk sosial.

Wahyu kembali menerangkan bahwa selama ini Pemerintah Daerah tidak henti-hentinya membantu kesulitan-kesulitan yang ada di masyarakat, salah satu upaya  yang dilakukan yaitu melalui tim Jaring Pengaman Ummat (JPU) yang bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kuningan. 

"JPU dan DKPP tak pernah henti membantu setiap kesulitan masyarakat miskin atau kategori zona merah, bahkan di bulan Ramadhan kemarin  semakin gencar membantu dan memberikan kebahagiaan kepada sesama," tandasnya.


.imam

TerPopuler