Tekan Perceraian, Calon Pengantin Digembleng

Tekan Perceraian, Calon Pengantin Digembleng

Rabu, 24 Juli 2019, Juli 24, 2019

Kuningan (SATU) - Sebanyak puluhan pasangan calon pengantin mendapatkan bimbingan perkawinan dari Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Kuningan. Jumlah keseluruhan pasangan calon pengantin yang akan mendapatkan bimbingan sebanyak 16 angkatan.

Ditemui di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pasawahan saat melakukan Bimbingan Perkawinan kepada puluhan pasangan calon pengantin angkatan I, Rabu (24/7/2019) Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kuningan Dr. H. Hanif Hanafi, M.Si melalui Kasi Bimas Islam H. Ahmad Fauzi, S.Ag. M.Si mengatakan bahwa dari jumlah 16 angkatan, baru 8 angkatan yang mendapatkan bimbingan. 

"Jumlah seluruhnya 16 angkatan, namun baru 8 angkatan yang direalisasikan. Sisanya masih menunggu penyerapan anggaran," ujar Ahmad Fauzi. 

Jadwal bimbingan sendiri, kata Ahmad Fauzi, untuk angkatan I dan  II dilaksanakan pada tgl 24 - 25 Juli 2019 bertempat di KUA Kecamatan Pasawahan dengan pesertanya yang berasal dari Kecamatan Pasawahan, Mandirancan dan Pancalang, sedangkan angkatan ke II bertempat di KUA Kecamatan Cilimus pesertanya dari Kecamatan Cilimus, Cigandamekar, Japara, dengan jumlah peserta dari setiap angkatan berjumlah 25 pasang calon pengantin atau 50 orng.

"Jumlah peserta untuk masing-masing angkatan sebanyak 25 pasangan, atau sebanyak 50 orang," paparnya.

Dalam Bimbingan Perkawinan tersebut beberapa materi yg disampaikan meliputi ; Kebijakan Pemerintah terkait bimbingan perkawinan ; Kesehatan Reproduksi calon pengantin ; serta permainan-permainan yang mampu menghibur suasana bimbingan. 

Tujuan bimbingan perkawinan itu sendiri, imbuh Ahmad Fauzi, sebagai upaya menekan tingginya tingkat perceraain sekaligus untuk menambah wawasan para calon pengantin tentang apa dan bagimana menuju keluarga sakinah mawadah dan warahmah.




Dalam kegiatan tersebut masing-masing peserta juga dibekali buku panduan tentang pondasi keluarga sakinah serta buku kesehatan reproduksi calon pengantin. Selanjutnya bimbingan untuk angkatan III s.d VIII akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli sampai dengan 06 Agustus 2019.

.imam

TerPopuler