PNBP Wilayah TNGC Diperiksa, Ada Apa?

PNBP Wilayah TNGC Diperiksa, Ada Apa?

Jumat, 30 Agustus 2019, Agustus 30, 2019

Kuningan (SATU) – Adanya Pemeriksaan administrasi terhadap objek wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), mengundang reaksi dari masyarakat sekitar, pasalnya, dugaan pemeriksaan itu persis pada sektor penghasilan negara bukan pajak (PNBP).

“Perlu diketahui bahwa kawasan TNGC itu, wilayahnya ada di dua Kabupaten yakni Kuningan dan Majalengka. Pertanyaannya, sama gak pemeriksaan PNBP ini dilakukan kepada pengelola wisata luar Kabupaten Kuningan,” ungkap Nandang salah seorang warga Desa Cisantana, saat di temui di kawasan objek wisata palutungan, Kamis (29/08/2019).

Dia mengatakan, tindakan ini merupakan penganaktirian terhadap putra daerah yang mendapat kepercayaan sebagai pengelola objek wisata.

“Jika mau bekerja sesuai aturan, apakah tindakan pemeriksaan ini sama dilakukan di kawasan wisata yang masuk wilayah Majalengka?” tanya dia.

Menyinggung soal pemeriksaan, dia mengatakan, pihaknya tidak tahu persis tentang berapa berkas yang menjadi bahan dalam pengumpulan data dan keterangan. “Ini jelas anak tiri dan buat kecemburuan sosial,” tandasnya.

Berdasarkan data terhimpun, pemeriksaan adminitrasi cenderung terhjadap keuangan itu dari sektor Penghsailan Negara Bukan Pajak. Hal itu dari sebanyak 52 titik objek wisata plus 5 titik objek wisata yang berada kawasan TNGC dikelola PDAU (Perusahaan Daerah Aneka Usaha).

Sementara itu, Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan melalui Kanit Tipikor Polres Kuningan yakni IPTU Arif Budi Hartoyo saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, mengatakan, pihaknya membenarkan bahwa wilayah objek wisata kawasan TNGC sedang diperiksa soal PNBP. 

“Kita sampai saat ini, masih puldata-pulbaket,”jawab Budi seraya terbata-bata, tidak jelas suaranya.

.imam - .rls

TerPopuler