Upacara Bendera di Puncak Ciremai Dipastikan Tidak Terlaksana?

Upacara Bendera di Puncak Ciremai Dipastikan Tidak Terlaksana?

Sabtu, 10 Agustus 2019, Agustus 10, 2019

Kuningan (SATU) - Kegiatan Pengibaran bendera merah putih pada hari kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia dipastikan tidak dapat diselenggarakan di Puncak Gunung Ciremai.

Dilansir dari laman tribunnews.com, Sabtu (10/8/2019), Ketua Forum Komunikasi Gunung Ciremai, Dedi Tato mengatakan bahwa pengibaran bendera di puncak Gunung Ciremai  sudah menjadi tradisi dan selalu diselenggarakan setiap tahun.

Namun, kata Dedi, pada tahun ini kegiatan kegiatan tersebut kemungkinan dengan sangat terpaksa tidak dapat diselenggarakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Ya padahal setiap tahunnya selalu diselenggarakan, namun tahun ini kayaknya tidak," ujar Dedi.

Dedi menyampaikan, jauh-jauh hari sebelum terjadinya kebakaran di Gunung Ciremai, banyak masyarakat pecinta alam yang sudah mendaftar untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Namun, semua itu kini dipastikan batal berhubung kebakaran hutan di Gunung Ciremai tidak kunjung padam.

"Jauh-jauh hari ada sekitar 300-an orang sudah ingin mendaftar untuk ikut pengibaran bendera di puncak Gunung Ciremai, tapi sekarang batal," ucapnya.

Dedi mengatakan, untuk mensterilkan Gunung Ciremai dari para pendaki, ia sudah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menutup semua jalur pendakian.

Jangan sampai, imbuh Dedi, ada yang memaksa untuk tetap mendaki di hari kemerdekaan nanti.

"Jalur pendakian ke puncak Gunung Ciremai ada 4 jalur, yakni Apuy, Linggarjati, Palutungan, dan Linggasana. Semuanya sudah di tutup," kata Dedi.

Diketahui, pada hari Rabu kemarin (7/8/2019) terjadi kebakaran yang awal mulanya terlihat di Blok Gua Walet, Puncak Gunung Ciremai, Kelurahan Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Asap termonitor pada pukul 13.00 WIB dari wilayah Argalingga, Kabupaten Majalengka.

.imam

TerPopuler