Baru Dilantik Sudah Didemo

Baru Dilantik Sudah Didemo

Senin, 09 September 2019, September 09, 2019

Kuningan (SATU) - Acara pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Kuningan terpilih periode 2019 - 2024 , Senin (9/9/2019) diwarnai dengan aksi demonstrasi yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

Dalam aksi demonstrasi yang digelar di depan gedung DPRD Kuningan, sekumpulan mahasiswa tersebut menuntut kepada anggota DPRD yang saat itu tengah mengucapkan ikrar sebagai wakil rakyat agar bersungguh-sungguh menjalankan menjalankan peran dan fungsinya sebagai wakil rakyat yang benar-benar mewakili rakyat dalam memperjuangkan haknya.

Adapun tuntutan tersebut, dituangkan oleh sekelompok mahasiswa dalam 8 poin yang mereka sebut sebagai PANTURA (Delapan Tuntutan Rakyat), diantaranya :


  1. Siap menjalankan amanah dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab,
  2. Mengedepankan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi dan golongan, sebagaimana kedudukan DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat.
  3. Mengutamakan kemaslahatan masyarakat dalam mengambil keputusan.
  4. Melaksanakan kewajiban, fungsi, tugas dan wewenang Anggota DPRD sebagaimana diatur dalam perundang-undangan.
  5. Menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat.
  6. Siap berlaku adil.
  7. Siap tidak KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme).
  8. Jika terbukti KKN, siap untuk mengundurkan diri.

Aksi demo tersebut ditemui oleh salah satu anggota DPRD, Nuzul Rachdi yang langsung melakukan dialog dengan mahasiswa yang pada saat itu bersikeras ingin masuk ke halaman gedung DPRD dimana tengah dilakukan prosesi pengambilan sumpah jabatan Anggota DPRD.

.imam

TerPopuler