Melalui PKM, 368 Mahasiswa Harus Proaktif di Sekolah

Melalui PKM, 368 Mahasiswa Harus Proaktif di Sekolah

Rabu, 04 September 2019, September 04, 2019


Kuningan (SATU) - Sebanyak 368 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan mengikuti kegiatan Pelepasan dan Pembekalan Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) III, di Gedung Student Center Iman Hidayat Universitas Kuningan, Rabu (4/9/2019).

“Alhamdulillah, pelaksananya tanggal 16 September 20. 368 mahasiswa yang berasal dari 6 Program Studi (Prodi) ini akan disebar di 35 sekolah mitra mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA/Sederajat. Kegiatan PKM III ini sendiri akan dilaksanakan selama kurang lebih 2,5 bulan,” kata Dekan FKIP Uniku, Yeyen Suryani.

Selanjutnya, Yeyen menerangkan, bahwa kegiatan PKM yang sebelumnya dikenal dengan istilah PPL. Dan hal ini, PKM dilaksanakan secara berkelanjutan yaitu mulai dari PKM I, PKM II, dan PKM III.

Mahasiswa yang mengikuti Kegiatan PKM III ini, menurutnya, terlebih dahulu mengikuti kegiatan PKM I dan PKM II. Jadi, kegiatan PKM dilakukan secara berkelanjutan mulai dari PKM I, II, dan III di sekolah yang sama.

"Pada kegiatan PKM I, mahasiswa melakukan observasi terkait kultur sekolah, visi misi sekolah, keadaan di sekolah, serta kegiatan guru dan siswa di sekolah. Pada Kegiatan PKM II, mahasiswa membuat administrasi pembelajaran berupa program tahunan, program semester, silabus, dan RPP," terangnya.

Sedangkan Kegiatan PKM III yang akan dilaksanakan pada 16 September 2019 ini, mahasiswa akan mengaplikasikan keterampilan mengajarnya dalam proses pembelajaran dikelas yang akan dibimbing oleh guru pamong di sekolah.

Lebih jauh, dirinya mengungkapkan bahwa 368 mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan PKM III telah dibelaki dengan berbagai mata kuliah kependidikan yang dapat dijadikan pedoman bagi mereka untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikelas.

Disisi lain, Rektor Universitas Kuningan, Dr. H. Dikdik Harjadi  mengatakan, mengajar adalah kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seluruh mahasiswa FKIP sehingga Kegiatan Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) ini perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

“Kegiatan PKM III ini sangat penting bagi mahasiswa karena kompotensi utama mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan adalah mengajar. Oleh karena itu, saya berharap bahwa kegiatan ini betul-betul dipersiapkan dengan matang. Selain pembelakan akademik, mahasiswa juga perlu dibekali dari sisi mentalnya sehingga mereka mampu melaksanakan kegiatan PKM III ini dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.


.Jahid - .rls

TerPopuler